Pages

Ads 468x60px

Minggu, 08 Mei 2011

Seni Meringankan Tubuh

Parkour berasal dari bahasa Prancis, yaitu parcours du combatant yang berarti halang lintang. Secara umum parkour bisa didefinisikan sebagai l art du deplacement atau seni berpindah tempat. “intinya, bagaimana berpindah tempat dari satu titik ke titik lain dengan efisien dan secepat mungkin dengan melewati rintangan”.

Jalan konvensional , yang dianggap tidak efisien dan memakan waktu yang lama dihindari. Jadi para traceur (sebutan bagi pelaku parkour) melibas pagar, pohon, tembok dan rintangan apapun dihadapan mereka

Untuk peminat awam, anggota lama akan memberikan bimbingan. Awalnya anggota akan dibekali dengan filosofi parkour. Parkour tidak memilki unsur kompetisi. Satu-satunya kompetisi di sini adalah mengalahkan diri sendiri.

Setelah itu, barulah anggota diajari tiga gerakan dasar, yaitu atterissage atau pendaratan dengan ujung kaki dan lutut tertekuk, equilibre (keseimbangan) dan equilibre de chat (keseimbangan ala kucing).

Landing


Keseimbangan


Keseimbangan ala Kucing

Keseimbangan merupakan kunci utama parkour. Banyak pemula yang meremehkan gerakan dasar ini. Hasilnya mereka akan kesulitan pada teknik – teknik lanjutan, seperti roulade (berguling saat mendarat) dan tic – tac (menendang tembok untuk melompat lebih tinggi).

Seluruh gerakan parkour memiliki teknik dan cara tersendiri. Dengan demikian risiko cedera dapat ditekan. Setiap gerakan harus melalui perhitungan yang matang. “Kalau tidak yakin, jangan pernah melompat”. Sesuai filosofi yang dicetuskan oleh pencipta parkour David Belle, asal Prancis, aktivitas ini merupakan seni berpindah tempat dengan mengatasi rintangan. Maka, para penggiat parkour selalu dituntut untuk berpikir positif. Jadi, setiap kali ada masalah selalu berpikir bagaimana cara mengatasinya, bukan terfokus pada masalah itu

Pencetus Parkour



Parkour dicetuskan oleh David Belle, warga negara Prancis, di Lisses, Prancis pada tahun 1997. Ayah David Raymond Belle merupakan petugas pemadam kebakaran di Paris. Ayahnya sangat menekankan pentingnya pendididkan fisik bagi David. David lahir di Normandy, Prancis 29 April 1973. Dalam usia muda dia sudah menekuni olahraga atletik, panjat tebing, senam dan bela diri.
Di usia 15 tahun, david bersama rekan – rekan seusianya membentuk kelompok YAMAKASI. Penamaan ini diambil dari bahasa Kongo, yang berarti tubuh dan jiwa kuat. Kelompok ini belakangan menjadi cikal bakal lahirnya parkour. Menurut David, parkour adalah seni atau disiplin layaknya bertahan dalam seni bela diri. Ketika bela diri merupakan bentuk latihan untuk perkelahian (fight), parkour merupakan bentuk latihan untuk kabur (flight)
David menolak menyebut parkour sebagai olahraga. Pasalnya, parkour berprinsip pantang persaingan. Padahal persaingan adalah sifat yang melekat dalam setiap cabang olahraga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar